Sabtu, 30 Juni 2018

Apa Sih Artinya Petite?



Mix and match baju itu nggak gampang lho. Untuk acara besok hari saja aku harus menyiapkan malamnya. Kalau untuk acara penting aku bisa prepare seminggu sebelumnya, dan akan sangat bawel tanya ke orang terdekat. Satu lemari dibongkar, dicoba satu-satu, foto dan tanyakan via chat. Kalau nggak sreg juga, kita orang bisa berujung beli bun.

Untung sekarang ada internet, mau info mode kayak gimana pun ada.

Sekali waktu aku pernah cari info trik dress untuk perempuan pendek. Maklum, punya badan kecil bikin aku agak paranoid dengan dress. Takut tenggelam *wkwk. Dari hasil pencarianku tersebut entah kenapa info yang muncul sebagian besar menggunakan keyword "Petite". Merasa asing dengan keyword tersebut, perhatianku pun teralih. Batal mencari dress aku malah sibuk menelusuri tentang petite.

Hasilnya beragam dan bikin bingung. Sedikit yang menyajikan pengertian, lebih banyak mengenai tips berpakaian untuk perempuan petite, dan nggak ada yang menampilkann tips untuk laki-laki petite.

Kok? Kenapa? (Astaga kepo sekali saya *wkwk)

Pertanyaanku akhirnya terjawab oleh wikihow dalam artikel Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri dalam Bahasa Perancis. Disebutkan bahwa dalam bahasa Perancis "Petite" (dibaca : petit) artinya kecil, dan khusus digunakan untuk mendeskripsikan perempuan bertubuh kecil. Sedangkan untuk laki-laki bertubuh kecil digunakan kata "Petit" (dibaca : peti). Aturan tersebut ternyata juga berlaku dalam bahasa Inggris.

My expression be like, "Ohhhh ternyata begitu.."

Belum selesai, rasa penasaranku malah berlanjut. Aku kembali melakukan penelusuran untuk tahu berapa ukuran tinggi tubuh yang masuk kategori petite.



Untunglah juga terjawab oleh sebuah website dari brand baju petite yaitu JeetlyJeetly menuliskan dalam artikel berjudul What is Petite bahwa dalam industri mode, petite adalah para wanita yang memiliki tinggi badan di bawah 162 cm dan sama sekali tidak berkaitan dengan berat badan.

Penyataan tersebut sekaligus menyanggah anggapan bahwa petite adalah wanita yang pendek dan kurus. Sementara kenyataannya, berapa pun berat seseorang selama tingginya kurang dari 162 cm maka dia tergolong petite. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.


sumber : jeetly.com


Got it? Should be..

Mendapatkan info tersebut bukannya puas aku malah tambah kepikiran.

"Kok kayaknya data itu nggak cocok ya di Indonesia, perasaan perempuan Indonesia rata-rata tingginya 155 cm ke bawah. Perasaan di Indonesia 160-162 cm termasuk tinggi deh."

Pikiran-pikiran perasaan itu akhirnya mengantarkan ku pada artikel IDN TIMES di bulan Juli 2017 lalu. Mereka memaparkan bahwa, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Association of Southeast Asian Nations DNA, orang Filipina merupakan ras terpendek kedua di dunia. Sementara orang Indonesia adalah satu-satunya orang yang lebih pendek dari orang Filipina di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan penelitian tersebut, pria Filipina dan pria Vietnam memiliki tinggi rata-rata 162 cm, 2 cm lebih pendek dari rata-rata tinggi Asia Tenggara 164 cm. Dan 2-4 cm lebih tinggi dari laki-laki Indonesia. Sedangkan penduduk wanita Filipina memiliki tinggi rata-rata sekitar 150 cm. 3 cm lebih tinggi dari perempuan Indonesia tapi juga 3 cm lebih pendek dari rata-rata wanita di Asia Tenggara.

Maka jika dilihat dari data tersebut tinggi rata-rata laki-laki Indonesia sekitar 160-158 cm (lebih rendah 2-4 cm dari Filipina dan Vietnam), sedangkan perempuan Indonesia sekitar 147 cm (lebih rendah 3 cm dari Filipina). 


Atau, untuk yang lebih lengkap bisa juga kita lihat dari data yang disajikan Jeetly beriku ini :


sumber : jeetly.com

Dengan berpatok pada data tersebut, bisa aku buat opini bahwa sebagian besar perempuan Indonesia adalah petite di mata dunia. Jelas karena di bawah 162 cm. Namun, di dalam Indonesia sendiri nampaknya 155 - 162 cm bagi perempuan cenderung proporsional bahkan tinggi. Mengingat tinggi rata-rata laki-laki Indonesia juga tidak begitu semampai serta banyaknya lowongan kerja yang menerapkan syarat tinggi perempuan minimal 155 cm. 

Maka bisa dikatakan tinggi 155 cm sudah dianggap cukup bagi perempuan Indonesia.
Ya it's based on my opinion.

Mengetahui seluruh data tersebut, aku jadi kembali memikirkan satu hal. Penerapan fashion bagi si petite di Indonesia.

Sejauh ini aku belum mengetahui ada brand fashion petite lokal, kebanyakan dari mancanegara. Tapi itu juga nggak banyak-banyak amat. Agak ribet kan kalau harus order ke luar negeri dulu? Belum lagi kebanyakan petite dari negara kita punya tinggi 155 cm ke bawah, kemungkinan besar ada selisih yang cukup signifikan dengan ukuran dari brand mereka.

Sangat wajar jika pada akhirnya, bagi kita-kita (aku dan kamu dengan tinggi <155 cm) harus melakukan "revisi" pada bagian-bagian baju tertentu.

Dari penelusuran yang begitu jauh tersebut aku sekarang paham kenapa masih terasa sulit menemukan oufit yang pas. Sebab untuk kategori petite pun tinggiku masih jauh di bawahnya. Katakan saja extra petiteIt's okay fellas, I'm perfectly fine :)

Adakah di antara kalian yang senasib denganku? Yuk tos dulu!


Oh iya kalau ada brand fashion petite dari Indonesia kasih tahu yaa 😊

2 komentar:

  1. Tinggi saya trgolong <155 cm, mbk. Alhamdulillah soal berpakaian tdk ada kendala berarti. Maklum bukan tipe orang fashionable hehe. Keseharian aku pake gamis. Susahnya kalo beli gamis online. Krn rata2 ukuran panjang gamis tdk pro pada tinggi badan wanita <155 cm. Jadi, pada beberapa kjadian, gamis yg kubeli online kupendekkan lagi k penjahit. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa mbak dan bener banget itu. Kalo celana boleh deh nggak aku potongin, tapi urusan gamis harus.
      Kalo keserimpet kan nggak lucu wkwk

      Hapus

Like Us

Google+

Media Sosial

Part Of

Blogger Perempuan
indonesian hijab blogger
PENABLOGGERBANUA